Keberadaan Kantor Pos Cabang Universitas Negeri Malang merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan kepada Civitas Akademika Universitas Negeri Malang akan kebutuhan layanan komunikasi tertulis, kiriman uang dan barang.

Pada Januari 1980 berdasarkan kesepakatan kerjasama antara Kantor Pos Besar Malang yang berkedudukan di Jl. Merdeka Selatan No. 5 Malang 65119 dengan IKIP Malang yang

berkedudukan di Jl. Surabaya No. 6 Malang 65145, waktu itu dibuka layanan jasa pos dengan nama Kantor Pos Tambahan Malang IKIP dan berada di lingkungan IKIP Malang, dengan menempati ruangan ukuran 3×3 meter yang terletak di antara gedung kegiatan mahasiswa dan kantin. Dalam perkembangan selanjutnya agar dapat memberikan pelayanan jasa pos yang lebih baik lagi, tidak terbatas kepada warga kampus, namun warga sekitar kampus, instansi pemerintah dan swasta disekitar kampus, maka pada tahun 1991 dibangun sebuah gedung di atas lahan milik IKIP Malang seluas  200 m² terletak di Jl. Gombong no. 306 Malang 65145, dan sekarang diberi nama Kantor Pos Cabang Universitas Negeri Malang 65114A, dan sejak tanggal 4 April 2012 pindah di Jalan Semarang sebelah timur kantin Universitas Negeri Malang.

Beberapa bentuk layanan jasa yang dapat dilayani di Kantor Cabang Universitas Negeri Malang antara lain: Penjualan Benda Pos dan Meterai, Pengiriman surat, pengiriman barang (Paket Pos), Pengiriman dan pembayaran uang (Weselpos), Tabungan e Batara Pos dan Shar-e, pembayaran: PDAM, Telkomsel, FIF, ADIRA, OTO, Wom, BAF, Kartu Kredit, Pajak, Rekening Telpon dll.

Pelayanan diberikan selama 6 (enam) hari kerja dengan jam buka loket: Senin-Jum’at                                   jam 07.30 s.d. 15.00 WIB

Sabtu                         jam 07.30 s.d. 11.30 WIB Minggu/Besar                      tutup.

Visi

Menjadi pemimpin pasar di Indonesia dengan menyediakan layanan surat pos, paket dan logistic yang handal serta jasa keuangan yang terpercaya.

Misi

Berkomitmen kepada pelanggan untuk menyediakan layanan yang selalu tepat waktu dan nilai terbaik. Berkomitmen kepada karyawan untuk memberikan iklim kerja yang aman, nyaman dan menghargai kontribusi. Berkomitmen kepada pemegang saham untuk memberikan hasil usaha yang menguntungkan dan terus bertumbuh. Berkomitmen untuk berprilaku trasparan dan terpercaya kepada seluruh pemangku kepentingan. Dengan Moto: Tepat waktu setiap waktu.